Bos BCA Ungkap Nasabah dengan Saldo Nol hanya Beban
MILENIALNEWS.ID – Platform digital Blu by BCA Digital (anak perusahaan BCA) telah memiliki 806 ribu pengguna dalam setahun, yang lebih dari 45 persennya aktif melakukan berbagai macam transaksi keuangan dengan total nilai Rp36,1 triliun.
Jumlah transaksi keuangan di platform Blu tersebut antara lain berasal dari pembelian produk online, pembayaran QRIS, dan pembayaran tagihan sebesar Rp161 miliar.
“Kepercayaan nasabah kepada kami juga terlihat dari Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil terhimpun lebih dari Rp4,4 triliun,” kata Presiden Direktur PT Bank Digital BCA Lanny Budiati, dikutip Senin (23/7/2022).
Sebanyak 806 ribu nasabah BCA digital adalah nasabah aktif yang menggunakan Blu untuk berbagai keperluan transaksi, tidak sekedar download dan saldo nol.
“Buat kami 800.000 nasabah itu poin good asal itu nasabah yang aktif. Jadi maunya bukan sebanyak-banyak nasabah. Tujuan kami bukan membesarkan customer base siapa saja boleh. Banyak juga yang saldonya nol atau inactive itu cuma membebani jadi tidak berguna. Kami ingin nasabah yang masuk, yang teredukasi dengan baik, tahu cara memakai Blu,” ungkapnya.
Berdasarkan catatan, dari total 806 ribu pengguna, sebesar 49 persen pengguna merupakan generasi Z, 39 persen merupakan generasi milenial, 11 persen generasi X, dan 1 persen sisanya generasi baby boomer.
Per Juli 2022, BCA Digital juga sudah berhasil mengintegrasikan platform Blu dengan dua aplikasi digital antara lain Blibli dan Telkomsel Redi.
Dalam waktu dekat, BCA Digital akan kembali mengintegrasikan Blu dengan salah satu platform kampus swasta terbesar di Indonesia guna memudahkan para mahasiswa dan mahasiswinya untuk menyelesaikan proses administrasi finansial.